Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Ratusan Bangunan Di Cilacap Dan Banyumas Rusak Akhir Gempa

Ratusan Bangunan di Cilacap dan Banyumas Rusak Akibat GempaFoto: Arbi Anugrah/detikcom

banyumas -Ratusan bangunan mengalami kerusakan akhir gempa 6.9 SR yang mengguncang wilayah Cilacap dan Banyumas pada Jumat (15/12) malam. Lebih dari 58 bangunan di Cilacap dan 76 bangunan di Banyumas mengalami kerusakan menyerupai rusak berat sampai roboh

"Dari data terakhir pukul 11.13 WIB terdapat sekitar 58 bangunan mengalami rusak mulai dari rusak ringan sampai roboh," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Martono kepada wartawan, Sabtu (16/12/2017).

Menurut dia, data tersebut masih akan terus berkembang alasannya laporan kerusakan masih terus masuk. Dari 58 bangunan yang mengalami kerusakan tersebut terdapat rumah warga, sekolah sampai los pasar yang roboh akhir gempa.

"Ada satu anak warga Cinyawang, Kecamatan Patimuan mengalami luka akhir gempa dan ketika ini masih dirawat," ujarnya.

Sementara di Banyumas, setidaknya terdapat 76 bangunan mengalami kerusakan. Bangunan tersebut diantaranya rumah -rumah warga, sekolah sampai tiga rumah sakit mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan sampai roboh.

"Dampak gempa tadi malam menjadikan lebih dari 76 bangunan rusak dan dua orang warga mengalami luka ringan," katanya.

Dia menjelaskan, warga yang luka-luka yaitu warga desa Candinegara, kecamatan Pekuncen, Soimun yang mengalami luka akhir terkena kaca, paku pada bab punggung dan kaki ketika gempa merusak rumahnya dan warga Desa Pejogol, kecamatan Cilongok, Sohibi (70) yang mengalami luka lebam akhir tertimpa bangunan pada bab muka.

"Saat ini korban luka sudah dalam penanganan dan kita bersama masyarakat sekitar juga sedang melaksanakan kerjabakti membersihkan puing-puing bangunan yang mengalami kerusakan," ucapnya.

Selain rumah warga yang mengalami kerusakan juga terdapat tiga Rumah Sakit yang ikut terkena imbas akhir gempa tersebut, diantaranya RSUD Banyumas, RSUD Margono Soekarjo dan RS Siaga Medika Banyumas.

"Beberapa bangunan di rumah sakit mengalami kerusakan diantaranya eternit dan dinding retak. Beberapa pasien sudah dipindahkan keruangan lain," ujarnya.

Sumber detik.com
loading...

Related : Ratusan Bangunan Di Cilacap Dan Banyumas Rusak Akhir Gempa