Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Jokowi Imbau Warga Waspada Terhadap Gempa Dan Tsunami

Jokowi Imbau Warga Waspada Terhadap Gempa dan TsunamiFoto: Dok. ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

Jakarta -Presiden Joko Widodo terus memantau proses penanganan di lapangan terkait gempa yang berpusat di daerah Tasikmalaya. Jokowi mengimbau warga semoga waspada terhadap adanya gempa susulan yang bahkan sanggup memicu tsunami.

"Saya terus mengimbau masyarakat semoga selalu waspada terhadap gempa terutama yang berada di tengah bahari sebab itu sanggup menjadikan tsunami," ujar Jokowi menyerupai yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2017).

Hal itu disampaikan Jokowi sehabis menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta, Sabtu (16/12).

Jokowi mengatakan, sehabis insiden gempa 6,9 SR yang berpusat di daerah Tasikmalaya tersebut, dirinya memastikan sistem peringatan dini terhadap peristiwa di Indonesia telah berjalan dengan semestinya.

"Saya kira masyarakat tidak perlu terlalu gundah sebab insiden tadi malam menunjukkan bahwa peringatan dan penyelamatan berdikari suatu yang anggun sebab negara kita memang dikelilingi oleh titik gempa," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi respons eksklusif yang diberikan masyarakat terhadap peringatan dini yang diberikan BMKG terkait potensi tsunami sehabis gempa terjadi. Jokowi sendiri mengaku terus memantau kabar tersebut hingga pukul 03.00 WIB.

"Masyarakat merespons eksklusif peringatan yang diberikan mengenai kemungkinan adanya tsunami dan mengevakuasi berdikari dengan diarahkan oleh pegawapemerintah kita. Saya kira ini sebuah hal yang sangat baik dan alhamdulillah sudah tidak terjadi apa-apa. Masyarakat sudah kembali ke rumah dan penanganan efek dari gempa tadi malam juga telah dilakukan," tuturnya.

Terkait dengan adanya korban jiwa dan kerusakan akhir gempa tersebut, Jokowi juga mengaku telah mendapatkan laporan. Dia akan terus memantau kondisi terkini dari penanganan korban gempa dan sejumlah kerusakan itu.

Sumber detik.com
loading...

Related : Jokowi Imbau Warga Waspada Terhadap Gempa Dan Tsunami