Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Akibat Gempa, 20 Pasien Rsud Banyumas Di Rawat Di Luar Ruangan

Akibat Gempa, 20 Pasien RSUD Banyumas di Rawat di Luar RuanganFoto: dok. Istimewa

banyumas -Akibat gempa di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, sampai malam ini, sekitar 20 pasien di RSUD Banyumas masih dirawat di luar ruangan. Hal tersebut disebabkan beberapa ruangan mengalami kerusakan.

"Ini posisi pasien masih pada di luar ruangan, kita masih cari ruangan kosong. Saat ini ada sekitar 20 pasien," kata Direktur RSUD Banyumas dr Siswanto dikala dihubungi detikcom, Sabtu (16/12/2017).

Menurut dia, gempa 6,9 SR yang mengguncang Tasikmalaya dan terasa di beberapa kabupaten menyebabkan kerusakan di beberapa ruangan di RSUD Banyumas.

"Ruangan yang rusak di antaranya ruang IGD, Radiologi, Laboratorium, Ruang Periksa, dan gedung Thalasemia. Rata-rata ambrol pada eternit dan temboknya," ucapnya.

Selain kerusakan gedung, Siswanto menyebut ada kebocoran instalasi pipa gas oksigen yang berimbas pada seluruh ruangan.

"Tadi sempat bocor, tapi kini sudah berhenti, mungkin sudah habis (oksigen). Untuk kondisi darurat, kami gunakan tabung oksigen bagi pasien," ujarnya.

Akibat kerusakan yang terjadi di sejumlah potongan gedung, pihak RSUD mengevakuasi sedikitnya 70 pasien dari ruang rawat inap. Para pasien ini ditampung dalam tenda Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyumas demi mengantisipasi gempa susulan.

"Kami bersyukur tidak ada korban dalam insiden ini. Saat ini petugas dari Dinas (Cipta Karya) sedang masuk untuk menganalisis kondisi gedung. Jika gedung tidak memungkinkan untuk ditempati, pasien akan kami pindah ke ruang lain," pungkasnya.

Hingga dikala ini pihaknya masih melaksanakan penanganan pada pasien yang masih dirawat di luar ruangan biar segera sanggup mendapat ruangan kosong dan sanggup kembali masuk ke dalam rumah sakit.

Dari informasi yang didapat dari BPBD Banyumas, selain menyebabkan bangunan RSUD Banyumas rusak, gempa menciptakan beberapa rumah rusak berat, di antaranya tujuh rumah roboh.

Ketujuh rumah tersebut terdapat di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, sebanyak dua rumah; di Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, satu rumah; di Desa Banjarsari Kidul, Kecamatan Sokaraja, satu rumah; di Desa Pasiraman Lor, Kecamata Pekuncen, satu rumah; dan di Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh, dua rumah. Selain itu, sebagian tembok ruangan RS Siaga Medika mengalami retak.

Sumber detik.com
loading...

Related : Akibat Gempa, 20 Pasien Rsud Banyumas Di Rawat Di Luar Ruangan