Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

8 Sd Di Garut Rusak Akhir Diguncang Gempa 6,9 Sr

8 SD di Garut Rusak Akibat Diguncang Gempa 6,9 SRTembok SD yang jebol sebab diguncang gempa (Foto: Dok. Dinas Pendidikan Garut)

Garut -Delapan bangunan sekolah dasar (SD) di Garut, Jawa Barat, rusak akhir diguncang gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang terpusat di Tasikmalaya. Kebanyakan bangunan sekolah itu terletak di wilayah selatan Garut.

"Di wilayah (Kecamatan) Cikelet, SDN 1 Karangsari dan SDN 4 Karangsari mengalami rusak sedang dan SDN 3 Karangsari rusak ringan," ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Garut Ade Manadin kepada wartawan di kantornya, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Garut, Sabtu (16/12/2017).

Ade menyampaikan bangunan kelas di SDN Wangunjaya 3 yang teletak di Kecamatan Pakenjeng juga rusak akhir terdampak gempa. Kondisinya ketika ini rusak parah. "Dindingnya ambruk," katanya.

"Di (Kecamatan) Peundeuy bangunan SDN 1 Sukanagara dinding dan atapnya ambruk. SDN 2 Saribakti dan bangunan di SDN 3 Saribakti dinding dan plafonnya rusak," tuturnya.

Atap salah satu SD bolong sebab berjatuhan ketika gempa terjadiAtap salah satu SD bolong sebab berjatuhan ketika gempa terjadi (Foto: Dok. Dinas Pendidikan Garut)
Selain sejumlah bangunan sekolah di Kecamatan Peundeuy, Pakenjeng dan Cikelet, sebuah bangunan kelas di SDN Cintanagara 3 di Kecamatan Cigedug juga rusak parah akhir gempa. Atap salah satu bangunan kelas di sekolah tersebut terlihat melengkung.

Ade menambahkan ketika ini pihaknya tengah menginventarisir sekolah-sekolah tersebut dan selanjutnya akan dilaporkan ke pemerintah.

"Diinventarisir dulu, diajukan ke APBN anggaran 2018 untuk yang ambruk," pungkasnya.

Atap salah satu bangunan SD terlihat melengkungAtap salah satu bangunan SD terlihat melengkung (Foto: Dok. Dinas Pendidikan Garut)
Sementara itu, menurut data yang dihimpun dari Basarnas Jawa Barat, sampai Sabtu (16/12) petang ini, ada total 39 rumah warga dan 2 akomodasi umum di Garut yang terdampak gempa.

"10 unit rumah rusak ringan, 27 unit rumah rusak sedang dan 2 unit rumah rusak berat. Kemudian 1 unit (bangunan) di RSU Kecamatan Pamengpeuk rusak serta sebuah bangunan masjid di Kecamatan Cibalong mengalami rusak ringan," ungkap juru bicara Basarnas Jabar, Joshua Banjarnahor, dalam keterangannya.

Joshua menjelaskan ketika ini tim Basarnas Jabar telah dikerahkan ke 3 kota/kabupaten di Jabar yang merupakan titik terparah terdampak gempa, ialah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya.

"Tim membantu aktivitas rehab dan rekon terhadap korban yang terkena imbas gempa bumi," ujarnya.




Sumber detik.com
loading...

Related : 8 Sd Di Garut Rusak Akhir Diguncang Gempa 6,9 Sr