Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Wanita Berhijab Dilarang Renang Pakai Burkini di Beberapa Hotel Mesir

Wanita Berhijab Dilarang Renang Pakai Burkini di Beberapa Hotel Mesir Foto: ASA

Mesir -Tak sedikit perempuan muslim yang merasa didiskriminasi sebab tidak boleh renang memakai burkini. Ternyata tidak hanya negara minoritas muslim saja yang menciptakan larangan tersebut tapi negara muslim menyerupai Mesir juga melakukannya.

Larangan penggunaan burkini lebih banyak terjadi di sejumlah hotel Mesir. Awalnya pemerintah sempat meminta hotel-hotel di Mesir untuk mengizinkan perempuan mengenakan jenis apa pun pakaian renang mereka demi menghindari diskriminasi.

Permintaan tersebut dilakukan sebab ada komplain dari turis muslim yang menginap di salah satu hotel Mesir. Turis itu memakai burkini dan tidak boleh renang oleh petugas hotel.

Meski demikian,pemerintah karenanya membatalkan undangan itu dan mengizinkan pihak hotel menciptakan peraturan sendiri baik adanya larangan burkini maupun tidak. Dilansir dari Egypt Independent, larangan burkini di sejumlah hotel Mesir sudah terjadi beberapa tahun belakangan ini. Alasan pihak hotel hanya demi kebersihan kolam.

Pada Juli kemudian sempat ada kasus di mana seornag hijabers yang dipaksa keluar dari Egypt's Hacienda Bay sebab mengenakan burkini di beach resort terkenal tersebut. Hal ini mengakibatkan rasa stress berat kepada perempuan berhijab yang diusir itu.

Tak hanya di Arab Saudi, kasus burkini yang paling heboh terjadi di Prancis. Ketika 2016, walikota Cannes, Prancis, melarang burkini dan diikuti kota-kota lainnya mengakibatkan kontroversi.

Kasus yang paling terkenal saat seorang perempuan muslim yang mengenakan burkini di sebuah bak renang umum Marseille, Prancis, didenda biaya pencucian bak sebesar 490 euro atau sekitar Rp 7,8 jutaan. Kasus ini memicu kemarahan komunitas muslim di banyak negara.

Burkini awalnya berasal dari Australia dirancang oleh desainer muslim Aheda Zanetti. Ide bermula dari pihak Surf Life Saving Australia yang meminta Zanetti mengembangkan baju renang untuk penjaga muslim pantai di Sydney.



Sumber detik.com
loading...

Related : Wanita Berhijab Dilarang Renang Pakai Burkini di Beberapa Hotel Mesir