Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Kendala Registrasi SIM Card: Tak Hapal Nomor KK

Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor IIFoto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II

Jakarta - Registrasi ulang pelanggan SIM card seluler prabayar memang gres diwajibkan mulai 31 Oktober 2017. Tapi sejumlah kendala sudah tampak.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah melihat ada dua kendala yang akan melambat proses registrasi prabayar. Pertama banyak masyarakat yang belum menyadari soal jadwal yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika itu. Kedua, banyak dari pelanggan yang kurang hapal nomor Kartu Keluarga (KK).

"Nomor KK itu bukan suatu yang dibawa-dibawa. Kaprikornus ketika ditanya ketika registrasi, mereka tidak hapal," kata Ririek ketika ditemui di Kantor Telkomsel, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Kendala Registrasi SIM Card: Tak Hapal Nomor KKFoto: Infografis: Indonesiabaik.id


"Kendala ini harus kita pikirkan bersama-sama," paparnya lebih lanjut.

Pihak Telkomsel menegaskan akan terus mengedukasi pelanggannya supaya melaksanakan registrasi ulang sebelum tenggat waktu yang ditetapkan Kominfo. Mereka pun melaksanakan upaya supaya memudahkan pelanggannya melaksanakan registrasi.

"Keperluan registrasi sudah kami siap-siapkan dan telah kami monitor. Mungkin akan ada sejumlah perbaikan, sehingga prosesnya mampu lebih lancar dan nyaman bagi pengguna Telkomsel untuk melaksanakan registrasi," pungkas Ririek.

Seperti diketahui, proses registrasi pelanggan seluler prabayar ini berlaku pada 31 Oktober 2017 dan paling lambat pada 28 Februari 2018. Supaya berhasil, registrasi SIM Card ini harus sesuai dengan NIK yang tertera di KTP elektronik (e-KTP) dan KK supaya proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dinyatakan sukses.

Kendala Registrasi SIM Card: Tak Hapal Nomor KKFoto: Infografis: Indonesiabaik.id


Ada dua cara untuk melaksanakan registrasi prabayar bagi pelanggan lama dan gres ini. Masyarakat mampu melaksanakan sendiri dengan cara mengirim SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Sedangkan untuk pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#NomorKK#.

Selain itu, pelanggan dapat melaksanakan registrasi dengan mendatangi gerai masing-masing operator seluler. Persyaratannya sama, menyertakan informasi NIK dan KK, tidak perlu mengungkapkan nama ibu kandung yang dinilai riskan untuk dibeberkan.

Sumber detik.com
loading...

Related : Kendala Registrasi SIM Card: Tak Hapal Nomor KK