Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Ratusan SD di Inggris Akan Siapkan Hijab untuk Seragam Sekolah

Ratusan SD di Inggris Akan Siapkan Hijab untuk Seragam Sekolah Foto: Ist.

Jakarta -Hijab masih dianggap tabu di banyak sekali negara apalagi untuk anak SD. Di Inggris sempat ada pro-kontra soal hijab untuk anak. Hijab seharusnya untuk perempuan yang sudah pubertas bukan anak kecil. Karena menjadi perdebatan itulah, ratusan sekolah dasar (SD) di Inggris akan mengizinkan anak perempuan di SD menggunakan jilbab.

Ratusan SD negeri di Inggris akan menyiapkan hijab sebagai episode dari seragam sekolah mereka. Meski masih menjadi pergunjingan alasannya yakni sejumlah pihak tak baiklah akan hal tersebut namun beberapa ingin anak sanggup bebas mau pilih berhijab atau tidak bukan dilarang.

Hijab yakni duduk perkara agama bukan seksualitas. Dalam sebuah survei yang dilakukan Sunday Times, seperlima dari 800 SD yang disurvei mencantumkan jilbab sebagai episode dari kebijakan seragam mereka. Seperti 34% SD di Tower Hamlets, London, Inggris, ingin mendaftarkan hijab sebagai episode dari seragam.

Sementara SD di Luton jumlahnya mencapai 36% yang mendaftar. Akan tetapi di daerah yang populasi muslimnya tinggi, Leicester misalnya, hanya 6% sekolah yang ingin ada kebijakan tersebut. Politisi muslim, Amina Lone, menyampaikan jikalau hijab hanya untuk perempuan yang sudah mencapai usia pubertas.

"Dalam konteks Islam, jilbab umumnya dipahami untuk perempuan yang sudah mencapai usia pubertas. Hanya sedikit muslim yang menyampaikan bahwa seorang anak harus tampil berhijab dan tertutup," ujar Amina.

Guru Gina Khan, juru kampanye hak anak, mempunyai pendapat berbeda. Menurutnya jikalau banyak sekolah yang menginginkan kebijakan hijab sebagai episode dari seragam sekolah alasannya yakni untuk menawarkan keragaman. Mereka tahu jikalau hijab merupakan pakaian religius bukan ada maksud lainnya.

"Karena mereka takut disebut Islamophobia dan mereka tahu bahwa ini (hijab) yakni pakaian religius," papar Gina.

Salah satu pimpinan gereja di Inggris, Toby Howarth, menyampaikan walau bagaimanapun anak perempuan biasanya ingin terlihat ibarat ibu mereka. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk hijab diizinkan di sekolah.

"Kebijakan Inggris tidak menciptakan kebijakan yang terlalu besar tapi hanya menyampaikan Anda perlu menggunakan warna yang tetap. Ini duduk perkara agama bukan seksual. Ini seharusnya diizinkan," kata Toby.

Departemen Pendidikan sedang meneliti kebijakan tersebut. Seorang sumber menyampaikan jikalau pihak pemerintah sedang menyidik apakah banyak sekolah ditekan untuk menambahkan peraturan itu atau tidak.









Sumber detik.com
loading...

Related : Ratusan SD di Inggris Akan Siapkan Hijab untuk Seragam Sekolah