Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Cadar Poni Hingga Mata Elang, Mengenal Tipe-tipe Niqab di Indonesia

Cadar Poni Hingga Mata Elang, Mengenal Tipe-tipe Niqab di Indonesia Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Jakarta -Desainer bercadar terkenal Indonesia, Diana Nurliana, berencana untuk mengeluarkan merk khusus niqab. Ia melihat kini semakin banyak hijabers yang memutuskan hijrah dengan bercadar. Bahkan salah satu pendiri komunitas Niqab Squad itu menuturkan jikalau tak hanya ibu-ibu berhijab yang tertarik untuk bercadar, banyak pula perempuan muda telah memutuskan berniqab.

Mengenai niqab atau cadar, ada beberapa jenis yang perlu kau ketahui. Seperti halnya kerudung, niqab juga punya bermacam-macam jenis model yang biasa diaplikasikan niqabis (sebutan untuk perempuan bercadar) Indonesia.

Menurut Diana, tipe niqab yang menjadi favorit perempuan Indonesia yaitu Yaman. Cadar Yaman merupakan model niqab khas Timur Tengah yang digunakan dengan cara diikat ke belakang.

"Cadar ini berasalnya dari Timur Tengah memang mereka punya ciri khas masing-masing tergantung culture mereka juga. Yang terkenal di Indoensia itu cadar Yaman yang mungkin kini sudah banyak yang pakai, cara pakainya diikat ke belakang. Kalau contohnya yaman long itu biasanya bentuk cadar yang diikat tapi dua lapis dan cara pakainya dikebelakangin tapi ada juga yang pribadi disampingkan," papar Diana Nurliana ketika ditemui di store District 12, Mall f(X) Lifestyle, Senayan, Jakarta Pusat.
Cadar Poni Hingga Mata Elang, Mengenal Tipe-tipe Niqab di IndonesiaFoto: Dok. Instagram @arlyna_a.a

Selain cadar Yaman, ada jenis cadar poni yang mempunyai model khas di bab dahi. Kaprikornus ketika cadar diikat ke belakang kepala maka bab atasnya berbentuk menyerupai poni rata sejajar dengan alis, sanggup sedikit di tarik ke atas maupun ke bawah tergantung selera.

Ada pula tipe cadar bandana yang sangat mudah hanya satu lapis dan diikat ke belakang. Berbeda dengan cadar model eagle eyes yang mempunyai ciri khas di bab mata. Terdapat stripe di tengah hidung antara kedua mata.

"Kalau eagle eyes ada stripe di depan matanya yang menciptakan matanya menyerupai eagle memang," tambahnya.

Sementara ada yang disebut half niqab itu hanya cadar saja. Namun Diana juga menyebutkan jikalau beberapa perempuan yang gres mencar ilmu bercadar dan hanya memakainya di banyak sekali program tertentu sanggup disebut sebagai half niqab.

"Half niqab itu sebetulnya juga sanggup sebutan untuk orang yang menggunakan niqab di event-event tertentu. Kaprikornus ia mengambil niqab itu sunnah ia sanggup pakai kapan saja," ujar pemilik merk Kara Indonesia itu.
Sumber detik.com
loading...

Related : Cadar Poni Hingga Mata Elang, Mengenal Tipe-tipe Niqab di Indonesia