Hijab Terbaru | Tifs Cinta Dan Kasih Sayang

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Para Wanita Bercadar di Indonesia

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Para Wanita Bercadar di Indonesia Foto: Dok. Instagram @diananurliana

Jakarta -Wanita berhijab ketika ini kian aktif. Sejumlah hijabers pun membentuk komunitas. Kini tak hanya ada Hijabers Community tapi juga hadir Niqab Squad. Apa itu Niqab Squad?

Wolipop sempat berbincang dengan salah satu pendiri Niqab Squad yakni desainer hijab Diana Nurliana. Desainer yang juga bercadar itu menyampaikan bahwa Niqab Squad yaitu komunitas perempuan bercadar Indonesia. Para anggotanya disebut niqabis alasannya yaitu semuanya menggunakan niqab.

Diana menyampaikan komunitas ini bangun gres saja mulai pada pertengahan tahun ini. Ide awalnya terbesit dari istri Caesar, Indadari, yang sekarang juga sudah bercadar. Indadari kemudian mengajak Diana alasannya yaitu sudah usang kenal. Karena ini kegiatan positif maka Diana pun baiklah membentuk Niqab Squad. Tujuannya untuk saling menginspirasi dan menguatkan silaturahmi antara perempuan bercadar satu dan lainnya.

"Ini idenya Mbak Indadari. Dia sudah keliling tempat sering bikin motivasi orang-orang untuk hijrah. Banyak yang kisah bila mau niqab kayaknya masih susah banget. Banyak paradigma orang, perempuan berniqab itu ninja, teroris, ekstrimis, menakutkan. Sementara beliau dan saya melihat banyak di tempat atau luar negeri para niqabis bukan menyerupai yang mereka bayangkan, ada yang dokter, pengusaha, pengacara, pilot, jadi saya pikir kita harus kenalkan nih ke mereka bila niqabis tak menyerupai itu. Akhirnya dimulai dengan diri kita dan lingkungan kita. Kita ingin menginspirasi, saling menguatkan, kita bikin satu komunitas namanya Niqab Squad," terang Diana kepada Wolipop ketika ditemui beberapa waktu kemudian di butik District 12, Mal f(X) Lifestyle, Jakarta Pusat.

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Para Wanita Bercadar di IndonesiaFoto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop


Meski menjadi salah satu pendirinya namun Diana tidak berperan sebagai pengurus. Pasalnya sang suami tidak mengizinkannya untuk aktif di Niqab Squad mengingat anak ketiganya masih kecil dan kesibukan Diana mengurus labelnya Kara Indonesia. Walau demikian, perempuan 32 tahun ini turut berpartisipasi bila menggelar pertemuan.

Diana menyampaikan Niqab Squad sudah pernah menciptakan gathering. Awalnya ia hanya menyediakan tempat paling banyak 200 orang. Ia pikir yang hadir 50 perempuan berniqab saja sudah cukup banyak. Tak disangka, perempuan bercadar dari Jakarta yang hadir sampai lebih dari 200. Wanita yang hadir memang semuanya bercadar tapi ada yang masih berguru dan beberapa belum konsisten alasannya yaitu aneka macam faktor sesuai kondisi masing-masing.

Mengenal Niqab Squad, Komunitas Para Wanita Bercadar di IndonesiaFoto: Dok. Instagram @diananurliana


Diana juga bercerita ia cukup terkejut rupanya niqabis yang hadir bukan hanya ibu-ibu menyerupai dirinya tapi juga ada yang masih Sekolah Menengan Atas dan mempunyai kegiatan menyerupai taekwondo. Mereka pun saling berkenalan dan bertukar cerita. Satu menurutnya yang paling diingat ketika ada mualaf pribadi memutuskan menggunakan cadar.

"Ada banyak kisah yang lucu dan menyedihkan. Ternyata kita nggak sendiri. Kita suka merasa kita sendiri akibatnya patah semangat. Kalau ketemu gitu akibatnya lebih semangat. Kita juga ada divisi kajian, keterampilan, alasannya yaitu ada yang andal masak, ada yang anak SMA," kisah perempuan lulusan Jurusan Psikologi Pendidikan Universitas Islam As-Syafiiyah itu.

Di final kata, Diana berharap dengan hadirnya Niqab Squad juga dapat membuka pikiran orang lain. Wanita bercadar tidak selalu kaum ekstrimis atau istri teroris tapi sama menyerupai perempuan lainnya.

"Aku pengen mengenalkan cadar ini menjadi sunnah yang digunakan istri Rasullullah bukan sesuatu yang menakutkan. Dengan ini kalian tetap dapat berprestasi, melaksanakan acara apa pun. Percaya dengan melaksanakan ini niscaya akan jadi kebaikan. Pengen ngajak orang-orang jangan skeptis ya alasannya yaitu sering memperlihatkannya menyerupai itu. Isu teroris pakai niqab, bila sudah pesakitan gres cadaran. Masyarakat sudah mendengarnya negatif. Kita pengen mencoba mengubah pandangan itu," harapnya.
Sumber detik.com
loading...

Related : Mengenal Niqab Squad, Komunitas Para Wanita Bercadar di Indonesia